Ketemu Blog ini dari google ya?
Jika anda menemukan blog ini dari google, tolong bantu saya mengklik tombol google plus diatas. Google+ itu bukan social network biasa. Setiap klik bisa memperbaiki ranking halaman yang anda vote berdasarkan kata kunci yang mengantarkan anda ke blog tersebut. Terimakasih banyak.

Selasa, 09 April 2013

Rumus Volume Limas Dan Pembuktiannya

Aldi Eka Wahyu Widianto | 19.54 |





Artikel kali ini akan membahas seputar limas dan khususnya volumenya (beserta pembuktiannya).

Limas adalah salah satu bangun ruang yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, seperti pada atap rumah kita, bangunan piramida, dan lain-lain. Bentuk limas juga beragam, ada liamas segitiga, limas segiempat, limas segilima, limas segienam, dsb.

Jumlah sisi limas juga beragam, bergantung pada bentuk limasnya, apakah segitiga, segiempat, segilima, atau segienam. Tetapi yang pasti cara untuk mencari jumlah sisi limas ini adalah

dimana n adalah jumlah sisi alas.

Nah, sekarang kita menginjak ke bahasan utama kita, yakni cara mencari volume limas beserta pembuktiannya.


Pada gambar diatas, terdapat 6 limas segiempat yang kongruen (ukuran sama dan sebangun), yakni limas T.ABCD, T.EFGH, T.ABFE, T.CDHG, T.ADHE, dan limas T.BCFG.

Volume limas

Tidak percaya? Ini dia pembuktiannya.

Jika panjang EA (rusuk kubus) adalah a, maka panjang A'B' adalah 1/2 a atau setengah panjang rusuk kubus. Sehingga volume kubus = a3 (a pangkat 3).

Menentukan volume limas:

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa 1/2 a dapat berubah menjadi tinggi limas. Coba lihat gambar kubus ABCD.EFGH diatas, A'B' adalah tinggi limas = 1/2 AE yang merupakan rusuk kubus. Tinggi limas itu adalah 1/2 rusuk kubus.


Contoh soal:
  1. Sebuah limas mempunyai rusuk alas dengan bentuk persegi dengan rusuk alas 6 cm. Hitung volume limas jika tingginya 15 cm.
    Jawab.
    V=1/3 x luas alas x tinggi
    V= 1/3 x 6 x 6 x 15
    V= 180 cm^3 (centimeter kubik)
  2. Sebuah limas mempunyai volume 60 cm^3, limas itu berbentuk segitiga dengan ukuran alas dan tingginya 4cm dan 6cm. Berapakah tinggi limas itu?
    V =1/3 x luas alas x tinggi
    60=1/3 x 1/2 x 4 x 6 x t
    60=4t
    4t=60
    t  =60/4
    t  =15cm
Saya juga menyediakan latihan soal dalam bentuk pdf dan dapat anda download disini. Sekian dulu pembahasan mengenai volume limas. Oiya, jangan lewatkan juga postingan unik dan menarik lainnya seputar pendidikan. Terimakasih.

9 komentar:

  1. terimakasih :) sangat berguna :D

    BalasHapus
  2. membantu bangettt makasih yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama. Terimakasih telah berkunjung.

      Hapus
  3. Maaf mas, apakah rumus itu berlaku juga utk yg alas nya segilima, segienam dan seterusnya ? Gmn cara generalisasikan.
    Terimaksih sblmnya.
    Mhon dijawab.

    BalasHapus
  4. Kalau rumus volume sama saja untuk limas segi-n. Tetapi untuk luas permukaan terdapat sedikit perbedaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha iya, pembuktiannya gmn kalau berlaku utk semua ? Itu kan berangkatnya dari kubus yg alas nya persegi ? Apakah mgkin utk limas yg alas ny ga persegi ?

      Hapus
    2. Jika rumus volume limas segi empat pembuktiannya menggunakan persegi (prisma segiempat) maka untuk volume limas segi-n maka pembuktiannya menggunakan prisma segi-n yang tingginya sama.

      Hapus

Jangan ragu-ragu untuk mengirimkan komentar, kritik, dan saran. Terimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Diberdayakan oleh Blogger.