Ketemu Blog ini dari google ya?
Jika anda menemukan blog ini dari google, tolong bantu saya mengklik tombol google plus diatas. Google+ itu bukan social network biasa. Setiap klik bisa memperbaiki ranking halaman yang anda vote berdasarkan kata kunci yang mengantarkan anda ke blog tersebut. Terimakasih banyak.

Rabu, 31 Oktober 2012

Hukum Bacaan Qalqalah

Aldi Eka Wahyu Widianto | 18.48 |
Hukum Bacaan Qalqalah
Kata qalqalah secara bahasa berasal dari bahasa Arab yang bermakna pantulan suara. Dalam ilmu tajwid qalqalah berarti pantulan suara dari salah satu huruf qalqalah yaitu, ب ج د ط ق (agar lebih mudah mengingatnya, kamu dapat membacanya: Ba-Ju-Di-To-Ko). Jadi, jika salah satu huruf ini berharakat sukun, maka cara membacanya dengan dipantulkan. Hukum bacaan qalqalah terdiri atas dua jenis yaitu: qalqalah sugra- (kecil) dan qalqalah kubra- (besar).

Perbedaan antara qalqalah sugra dan qalqalah kubra hanya pada letak hurufnya. Apabila salah satu hurufnya terletak di tengah kata dan apabila hurufnya mati karena sukun, maka itu adalah qalqalah sugra, dan jika hurufnya mati karena waqof / diakhir kalimat, maka itu adalah bacaan qalqalah kubra.

7 komentar:

  1. Balasan
    1. sama-sama. terimakasih telah berkunjung.

      Hapus
  2. Qalqalah kubranya gak ada mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mas, di kalimat terakhir. " jika hurufnya mati karena waqof / diakhir kalimat, maka itu adalah bacaan qalqalah kubra."

      Hapus
  3. hanya kurang contohnya, karena saya kurang paham kalau tidak ada contohnya. Tapi terimakasih atas ilmunya :)

    BalasHapus
  4. makasih :) insya'Allah membantu..

    BalasHapus

Jangan ragu-ragu untuk mengirimkan komentar, kritik, dan saran. Terimakasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Diberdayakan oleh Blogger.

Berbagi